Lokasi Sangat Penting.,Tapi Konsep Hotel Jauh Lebih Penting!

konsep hotel

Salah satu faktor kesuksesan usaha hotel adalah faktor lokasi. Faktor lokasi ini memiliki banyak dimensi diantaranya kepadatan lalulintas, visibilitas, aksesibilitas serta kedekatan dengan berbagai lokasi-lokasi  vital di sebuah wilayah (kota,resort dll). Banyak para calon pengusaha hotel yang menilai bahwa lokasi yang mereka rencanakan sangat strategis karena berada dipinggir jalan raya dan atau perempatan jalan, padahal ukuran strategis sebuah lokasi hotel tidak ditentukan karena ia berada dipinggir jalan raya atau berada didekat perempatan jalan, dibutuhkan analisa yang lebih mendalam tentang nilai strategis atau tidaknya lokasi tersebut.

Sangat banyak contoh hotel-hotel dengan lokasi yang tidak berada di pinggir jalan raya dan jauh dari pusat keramaian, namun ternyata hotel-hotel tersebut sangat sukses dalam hal menarik para tamu sehingga hotel-hotel tersebut jauh lebih ramai dengan rata-rata occupancy dan average rate lebih tinggi daripada hotel-hotel yang secara kasat mata berada dipinggir jalan raya.  So what is the key for a successful hotel business..?? The answer is the right concept for a right location.

Bagi para pengembang perumahan atau developer yang terbiasa membangun perumahan dengan berbagai type dan ukuran serta fasilitas, tentu sudah cukup fasih untuk merencanakan sebuah konsep perumahan yang disesuaikan dengan kondisi lingkungan dan daya beli pasar sehingga cukup sering beberapa pengembang sudah mampu menjual habis rumah yang mereka tawarkan yang kadang masih dalam bentuk gambar saja.

Analogi tentang pengembang perumahan tersebut dapat diaplikasikan kedalam bisnis hotel sehingga aspek perencanaan konsep hotel memegang peranan yang sangat penting untuk kesuksesan hotel nantinya. Sudah cukup sering kita mendengar ada hotel yang baru beroperasi 1 atau 2 tahun dijual oleh pemiliknya dengan berbagai alasan, dan sudah banyak contoh pengusaha-pengusaha property yang mecari keberuntungan jangka pendek dengan membangun hotel diatas sebidang tanah yang mereka beli dengan harga murah dan setelah hotel itu jadi mereka menjualnya dengan harapan mendapatkan untung yang besar dan cepat. Namun…, pada era keterbukaan sekarang ini.,tidak terlalu sulit untuk menilai harga sebuah hotel, dimana harga sebuah hotel yang sudah beroperasi lebih ditentukan oleh seberapa baik kinerja bisnis dan keuangannya dibandingkan hanya sekedar nilai fisik bangunan hotel tersebut sehingga apabila kinerja hotel tersebut buruk, maka harga hotel tersebut akan jauh dibawah nilai kewajaran atau akan sulit untuk dijual.

Analisa tentang kinerja sebuah hotel yang buruk dapat dikontribusi oleh aspek lokasi, fasilitas, harga, manajemen dll, namun apabila kita analisa lebih jauh lagi…,dan berdasarkan pengalaman kami membantu para investor yang akan mengambil alih sebuah hotel, pada umumnya hotel-hotel yang dijual memiliki kinerja bisnis yang kurang baik yang bersumber dari “Kesalahan Konsep & Manajemen”.

Kita pun lalu akan bertanya-tanya, konsep hotel yang seperti apa yang baik atau yang benar? dan manajemen yang seperti apa yang bagus.? Jawaban dari pertanyaan-pertanyaan diatas tergantung tujuan anda memiliki usaha hotel, apabila tujuannya murni untuk bisnis, maka anda cukup mempercayakan semuanya kepada operator hotel yang sudah berpengalaman, namun apabila anda masih dalam posisi mempertimbangkan berbagai hal seperti faktor biaya, untung rugi atau ingin mengelola sendiri, maka jawabannya adalan Feasibility Study.

 

Salam,

Rohayadi Supriyatno,
Sr.Hotel Consultant
081213643814

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s