More Articles


www.knhotels.com

Training Karyawan Hotel, Seberapa Pentingkah..?

Baru-baru ini dalam suatu obrolan santai dengan salah satu praktisi HRD sebuah hotel berbintang di Jakarta, ia mengeluhkan banyaknya karyawan-karyawannya yang sangat potensial hijrah ke perusahaan lain. Sementara yang tetap bertahan adalah karyawan-karyawan dengan kinerja biasa-biasa saja.

Berbicara tentang karyawan, memang tidak akan ada habis-habisnya dengan berbagai romantikanya. Karyawan-karyawan dengan prestasi baik dan gemilang akan menjadi incaran perusahaan-perusahan yang gemilang juga sehingga secara alamiah terjadi seleksi dengan sendirinya,yang baik akan berkelompok dengan yang baik, yang kaya akan berkelompok dengan yang kaya dan seteterusnya.

Jika rata-rata praktisi HRD mengeluhkan tentang tingginya turn over karyawan hotel terutama yang potensial, lain lagi dengan apa yang dikeluhkan oleh para expatriate yang bekerja di Indonesia. Apa yang mereka soroti adalah lebih kepada hal yang makro, yaitu tentang skill tenaga kerja Indonesia secara umum dimana hard-skill yang dimiliki cukup baik namun soft-skill nya sangat memprihatinkan.

Seperti diketahui bahwa hard skill adalah kemampuan sesorang karyawan dalam melakukan sesuatu pekerjaan misalnya seorang cook yang pandai memasak berbagai jenis masakan, sedangkan soft skill bebih kepada human – relation seperti discipline, self confidence, communication skill, motivation, empathy,dll.

Seberapa besarkah pengaruh skill tersebut bagi kesuksesan baik si karyawan maupun operasional hotel? Mana yang lebih penting, hard skill atau soft skill?

Kedua-duanya sangat penting,hard skill sangat penting untuk karyawan back of the house sedangkan soft skill sangat menunjang perkerjaan karyawan front of the house. Bahkan, yang perlu diketahui bahwa mereka yang memiliki soft skill sangat baik akan mengalami kemajuan karir yang lebih pesat dibandingkan yang kurang baik, dan soft skill ini akan sangt berguna terutama bagi para karyawan middle hingga top management.

Kembali ke topik awal tentang pentingnya training bagi karyawan hotel, bahwa dengan menyadari sepenuhnya bahwa hotel adalah industry jasa yang melayani para konsumen atau orang-orang dari berbagi latar belakang,maka sudah selayaknya jika karyawan hotel dibekali dengan pengetahuan dasar tentang Human Relations, Communication Skill, Cross-cultural & Ethnic knowledge, Excellent Service,dll.

Jika praktisi HRD juga mengeluhkan tentang karyawan yang sudah mendapatkan berbagai macam training, menghabiskan sekian banyak biaya dan meningkatkan kemampuan si karyawan, akan tetapi tetap juga si karyawan hijrah ke perusahaan lain, maka sudah selayaknyalah bagi karyawan yang memiliki talenta sangat baik mendapatkan perhatian yang lebih dari perusahaan dengan berbagai benefit. Disinilah kelanjutan dari sebuah proses training itu dimulai yaitu dengan adanya employee development sehingga antara training & development adalah sebuah kesatuan dari Human resources strategy untuk meretensi karyawan.

So..,apakah perusahaan anda sudah melakukan training & development untuk meretensi karyawan terbaik anda?
www.knhotels.com

Leave a Comment

Posted in Articles | Tags: hotel employee soft skill, hotel employee training & development, konsultan hotel, konsultan management hotel, konsultan training karyawan, konsultan training karyawan hotel., management hotel, meretensi karyawan hotel, pengelola hotel, pentingnya training karyawan hotel, perusahaan pengelola hotel, training karyawan hotel, turn over karyawan hotel
Posted by: knhotelconsultant | January 10, 2010 (edit)


www.knhotels.com

Hotel Online Reservation, Penting untuk kesuksesan bisnis hotel

Perkembangan pengguna internet di dunia saat ini semakin fantastis,di Indonesia saja saat ini pengguna internet sudah mencapai 35 juta dan meningkat 20% setiap tahun,namum sayangnya tidak seperti di negara lain pada umumnya bahwa di Indonesia situs jejaring sosial facebook masih menempati urutan teratas mengalahkan google dan yahoo.(sumber:Alexa)

Kemajuan internet banyak dimanfaatkan oleh kalangan dunia usaha untuk dari sekedar berpromosi sampai bertransaksi sehingga mendorong majuannya usaha online trasaction seperti paypal.

Apabila penggunaan internet hanya sekedar untuk berpromosi,membuat suatu website perusahaan yang sangat baikpun saat ini bisa diperoleh dengan harga yang sangat murah. Sudah banyak sekali perusahaan di dalam negeri yang mennyediakan jasa web design,jual beli domain dan hosting dengan harga yang sangat terjangkau. Dengan membuat website perusahaan seperti hotel, maka semua produk dan pelayanan yang ada bisa ditampilkan di website dan bisa diakses dari seluruh penjuru dunia.

Tuntutan masyarakat yang semakin kritis,simple dan effisien saaat ini menghendaki adanya fasilitas transaksi secara online yang aman dengan sistem pembayaran baik credit card maupun paypall dan dari sinilah sistem reservasi online di hotel mulai berkembang.

Apabila kita membuka website suatu hotel, maka akan tampak dilayar adanya suatu kolom tentang online reservation dengan konfirmasi instant. Bagaimana sistem ini sebenarnya bekerja?

Bahwa prasarat mutlak adanya sistem reservasi secara online adalah hotel tersebut harus memiliki website.Setelah website hotel tersedia maka langkah selanjutnya adalah dengan menginstall software online reservation yang dapat dibeli melalui internet. saat ini banyak sekali software online reservation yang sudah digunakan oleh hotel-hotel diseluruh dunia seperti:E-hors,Pelican,Hollisoft,directwithhotels dll.

Dengan menginstall sofware online reservation, maka semua calon tamu hotel bisa melakukan reservasi melalui internet,mendapatkan konfirmasi dan melakukan pembayaran secara online. Cara semacam ini saat ini semakin digemari oleh para calon tamu di negara manapun karena sangat effisien dimana calon tamu tidak harus mengeluarkan biaya untuk menelepon pihak hotel.

Dengan berkembangnya internet dan system online reservation,ternyata juga mengakibatkan perkembangan dan persaingan yang ketat diantara perusahaan penyedia software tersebut dan dengan kreatifitas yang sangat luar biasa,ternyata ada perusahaan yang memberikan software tersebut berikut instalasinya secara cuma-cuma atau gratis kepada pihak hotel dengan kondisi mendapatkan fee 10% dari setiap reservasi oleh tamu yang dilakukan secara online. Its such a win-win solution!

So, have you provide your hotel with online reservation..???
www.knhotels.com

Leave a Comment

Posted in Articles | Tags: bagaimana menjual kamar hotel, hotel e-commerce, hotel internet marketing, hotel online reservation, kesuksesan bisnis hotel, menjualkamar hotel secara online, sistem reservasi hotel secara online, software reservasi kamar hotel
Posted by: knhotelconsultant | January 6, 2010 (edit)


www.knhotels.com

International Chain,National Chain atau Independent Hotel?

Apa keuntungan dan kerugian bagi pemilik hotel jika property-nya bergabung dengan suatu chain hotel..???

Pada tahun-tahun terakhir ini,invasi dan expansi perusahaan pengelola hotel dengan system jaringan atau International Chain Hotel Management Company dari berbagai penjuru dunia yang beroperasi di Indonesia berkembang dengan sagat pesat. Perhatikanlah, jika dahulu kita hanya mengenal Hyatt, Mandarin,Hilton,Intercontinental dan Accor, maka sekarang ini ada beberapa pemain yang masih terbilang baru namun sudah menunjukan perkembangan yang sangat luar biasa seperti Aston,Alila,Swissbelhotel,Bestwestern,Tauzia, Core International dll.

Bagaimana dengan perusahaan pengelola hotel dalam negeri sendiri? ya, ternyata selain International Chain, perkembangan perusahaan pengelola hotel dalam negeri atau National Hotel Chain Company pun menunjukan perkembangan yang sangat pesat, misalnya Sahid Group,Santika Group,Bidakara Group,Horison Group,Singgasana Hotels (Sultan),Aryaduta,Jayakarta,Sofyan Group dan yang terakhir Kagum Group yang beroperasi di kota Bandung.

Lalu siapakah mereka?apakah mereka pemilik hotel atau pengelola hotel?

Perusahaan pengelola hotel adalah perusahaan yang didalamnya berisi para ahli di bidang perhotelan dimana mereka dulunya adalah juga karyawan hotel. Untuk International Chain Hotel, sebagian besar adalah perusahaan yang khusus menjadi pengelola hotel, namun untuk Nasional Chain Hotel hampir semuanya adalah berangkat dari pemilik hotel kemudian berexpansi menjadi perusahaan pengelola hotel.

Mengapa perusahaan pengelola hotel?apakah ini suatu bisnis baru?

Di Indonesia, perusahaan yang bergerak di bidang pengelolaan hotel sudah ada sejak lama, namun baru terasa perkembangannya 10 tahun terakhir ini terutama setelah terjadinya kerusuhan Mei 2008 dan berkembang sangat pesat dalam 5 tahun terakhir.

Bagaimana perusahaan pengelola hotel bekerja dan dari mana sumber penghasilannya?

Bahwa setiap perusahaan pengelola hotel memiliki ‘Brand Hotel’ sendiri-sendiri yang sudah dilindungi Undang-Undang, apabila ada pemilik hotel yang menginginkan penggunaan ‘brand’ atau merek atau nama hotel tersebut maka pemilik hotel akan dikenakan biaya royati. selanjutnya, penggunaan ‘brand’ atau merek tidak dimungkinkan tanpa adanya pengelolaan dari pemilik merek sehingga antara ‘brand’ dan pengelolaan adalah suatu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan atau satu paket sehingga pemilik akan dikenakan lagi biaya pengelolaan yaitu ‘base management fee’ yang diambil sekian persen dari total hotel revenue dan incentive fee yang diambil sekian persen dari gross operating profit atau revenue dikurangi biaya operasional. selain fee-fee diatas ada beberapa perusahaan yang juga mengenakan fee marketing dll.

Melihat begitu banyaknya fee-fee yang harus ditanggung oleh pemilik hotel,kemudian apa yang menjadi keuntungan bagi pemilik jika bergabung dengan suatu chain hotel?

Ada banyak keuntungan yang diperoleh oleh pemilik hotel jika hotelnya dikelola oleh perusahaan chain hotel diantaranya:

1. Brand hotel atau Merek Hotel atau Nama Hotel sudah terkenal

2.Standarisasi baik dari segi fisik maupun management

3.Standarisasi sistem pelayanan

4.Sistem pemasaran yang terpadu, dll.

Selanjutnya bagaimana dengan hotel-hotel yang dikelola sendiri oleh pemiliknya atau Independdent hotel?bahwa dengan swa kelola, pemilik tidak akan kehilangan sejumlah fee-fee yang harus dibayarnya jika hotelnya dikelola oleh perusahaan pengelola, namun keuntungan-keuntungan yang ada jika bergabung dengan chain hotelpun mungkin lebih sulit untuk didapatkan. Diperlukan kerja keras yang cukup lama untuk membangun sebuah nama besar atau kredibilitas yang tentunya harus didukung dengan komitment dan konsistensi yang baik dalam jangka panjang.
www.knhotels.com

Leave a Comment

Posted in Articles | Tags: ahli di bidang perhotelan, ahli perhotelan, base management fee, gross operating profit, incentive fee, independent hotel, international chain hotel, keuntungan chain hotel, keuntungan menjadi pengelola hotel, keuntungan pemilik hotel, national chain hotel, pemasaran hotel, pemilik hotel, pengelola hotel, perkembangan bisnis hotel, perkembangan bisnis hotel di Indonesia, perusahaan pengelola hotel, professional hotel manager
Posted by: knhotelconsultant | January 6, 2010 (edit)


www.knhotels.com

Hotel Affiliate Marketing, Program Pemasaran Hotel Secara Bersama

Pernahkah kita menghitung berapa jumlah hotel berbintang dan non bintang yang ada di Indonesia dan berapa jumlah tamu yang menginapnya??data tersebut seharusnya ada di PHRI atau Departemen Pariwisata Seni dan Budaya atau di Biro Pusat Statistik.

Dengan kemajuan tekhnologi saat ini,semua data dapat di akses melalui internet secara real time,namun berhubung baik PHRI,Debudpar dan BPS memiliki tugas yg lebih banyak dan lebih besar sehingga data-data semacam itu kurang mendapat porsi perhatian yang lebih.

Adanya hotel dikarenakan adanya masyarakat yang membutuhkan jasa sarana akomodasi,sama halnya dengan adanya warung makan dikarenakan adanya kebutuhan orang akan makan. masyarakat membutuhkan jasa akomodasi hotel dikarenakan adanya kegiatan baik bisnis maupun liburan yang mengharuskannya tinggal diluar rumahnya.

Yang perlu dipahami bahwa masyarakat yang memiliki intensitas tinggi melakukan perjalanan jauh dan harus menginap dihotel,adalah pasar potensial bagi setiap hotel dikota yang ditujunya. jika Mr.X dalam seminggu harus menggunjungi 3 kota berbeda dan harus menginap,sudah dapat dipastikan bahwa Mr.X adalah pasar bagi 3 hotel di 3 kota yang berbeda tersebut.

Mr.X adalah contoh tunggal,bagaiman jika ada 1jt Mr.X yg lain yang minimal dalam satu bulan akan berkunjung ke 10 kota yang berbeda..??

Dapat dipahami bahwa banyaknya pemilik hotel yang bergabung ke dalam suatu merek hotel tertentu dan sudah memiliki nama besar adalah agar hotel tersebut dapat menjadi hotel tujuan bagi jutaan Mr.X seperti dijelaskan sebelumnya.

Lalu bagaimana bagi hotel-hotel Independen yang tidak bergabung kedalam suatu merek tertentu, namun sudah memiliki standar operasional dan pelayanan yang sangat baik?Nah,berangkat dari sanalah ide tentang Hotel Affiliiate Marketing atau pemasaran hotel secara bersama tesebut harus mulai dilakukan. Lalu bagaimana caranya?

Yang perlu diketahui adalah bahwa tamu yang menginap di htl X di kota Jakarta kemungkinan besar akan juga menginap di suatu hotel yang sekelas dengan hotel X di kota lain,nah tamu-tamu inilah yang harus dijadikan target pasar bagi program pemasaran bersama.

Untuk selanjutnya silahkan tunggu article kami berikutnya…

Salam Sukses…!

Leave a Comment

Posted in Articles | Tags: effective hotel sales program, hotel affiliate marketing, hotel management company, hotel manager, hotel owner, hotel sales, hotel sales manager, konsultan hotel, pasar hotel, pemasaran hotel, pemilik hotel, pengelola hotel, perusahaan pengelola hotel, program kerja marketing hotel, program pemasaran bersama, program pemasaran hotel, program pemasaran hotel yang effektif, program pemsaran hotel secara bersama, segmen pasar hotel
Posted by: knhotelconsultant | January 5, 2010 (edit)


www.knhotels.com

Konsep Hotel Boutique

Di sepanjang tahun 2008-2009,banyak sekali hotel-hotel baru di Indonesia yang mulai beroperasi. dari sekian banyak hotel-hotel tersebut, tidak sedikit yang mengusung konsep dan merek dagang dengan nama Boutique Hotel.

Pada tahun-tahun sebelumnya,jika kita mendengar kata boutiqe,pikiran kita langsung membayangkan sebuah toko pakaian kelas atas di lokasi pusat perbelanjaan yang elite dengan harga barang yang sangat mahal, dan memang demikian adanya bahwa kata boutique sebelumnya lebih banyak digunakan oleh toko pakaian yg exclusive atau toko barang antique.

Lalu apa itu Boutique Hotel?apakah ini berarti hotel boutique adalah hotel yang juga berfungsi sebagai toko pakaian atau barang antik yang sangat mahal?ternyata tidak demikian.

Bahwa yang dimaksud dengan hotel boutique adalah hotel yang memiliki design bangunan dan interior yang sangat unik,up to date dan bergaya modern life style sehingga hotel boutiqe juga dinamakan Design Hotel atau Life Style Hotel.

Hotel Boutiqe harus memiliki suatu keunikan design bangunan dan interior yang sangat berbeda dengan bangunan hotel pada umumnya,dia juga harus didukung dengan konsep pelayanan yang sangat unik,serta kesepadanan dengan gaya hidup masyarakat dilokasi tempat hotel itu berdiri sehingga tidaklah mengherankan jika hotel boutique berlokasi dikawasan yang sangat elite di sebuah pusat kota besar seperti Jakarta.

Lalu siapakah pasar dari hotel boutique ini?apakah pasarnya memang ada atau pasarnya diciptakan oleh keberadaan hotel boutique itu sendiri?

Berbicara tentang pasar dari hotel boutique sama halnya dengan membicarakan mobil ferrari atau BMW atau Mercedez Benz dengan dua pintu.mobil-mobil tersebut di design dan diproduksi untuk pasar tertentu yang mana pasarnya ada tapi tidaklah banyak.begitu juga dengan hotel boutique,memiliki pasar tersendiri dari suatu masyarakat yang memiliki gaya hidup ultra modern dan unik.

Lalu bagaimana dengan banyaknya hotel boutique yang bermunculan saat ini?apakah mereka benar-benar hotel boutique atau sekedar nama? memang ada dari hotel-hotel tersebut yang benar-benar hotel dengan konsep dan design boutique hotel,namun tidak sedikit pula yang hanya sekedar nama tanpa konsep dan design yang hotel boutique yang sesungguhnya.

Yang saat ini menjadi tantangan bagi para pengelola maupun pemilik dari hotel boutique adalah edukasi pasar tentang keberadaan hotel boutique itu sendiri serta benar-benar menerapkan konsep hotel boutique yang sesungguhnya baik dari design,pelayanan,serta kesepadanan dengan gaya hidup ultra modern masyarakat sekitar.
www.knhotels.com

Leave a Comment

Posted in Articles | Tags: boutique hotel, ciri khas hotel boutique, definisi hotel boutique, design hotel, hotel boutique, hotel butik, keunikan hotel boutique, konsep hotel boutique, konsultan hotel boutique, life style hotel, membangun hotel boutique, pangsa pasar hotel boutique, pasar hotel boutique, pengelola hotel, pengelolaan hotel boutique

Posted by: knhotelconsultant | January 4, 2010 (edit)


www.knhotels.com

Trend Bisnis Hotel di th 2010

Banyak analis memperkirakan bahwa tahun 2010 ini adalah tahun yang sangat baik bagi iklim semua bidang usaha.Ekonomi Indonesia akan mengalami peningkatan dengan cukup signifikan, hal ini bisa dicapai karena di tahun 2010 ini situasi POLKAM sangat kondusif.

Bisnis hotel,atau bisnis jasa akomodasipun akan mengalami perbaikan karena dampak kondusifnya situasi dalam negeri akan berpengaruh terhadap banyaknya orang-orang baik dari luar negeri maupun di dalam negeri melakukan aktifitas perjalanan yang membutuhkan sarana akomodasi.

Bidang propertyseperti hotel mengalami peningkatan yang cukup pesat di tahun 2009 dan akan mengalami puncaknya di tahun 2010 dimana banyak sekali property hotel yang selesai dibangun dan akan mulai beroperasi di th 2010 dengan berbagaimacam merek,konsep bisnis dan system pengelolaan sehingga akan meramaikan peta persaingan usaha untuk memperebutkan ceruk pasar yang juga ikut berkembang.

Bahwa banyak sekali hotel-hotel yang berdiri dan beroperasi di Indonesia, dikarenakan Indonesia adalah pasar yang sangat besar dengan jumlah penduduknya yang lebih dari 200 jt, jadi bisa dikatakan bahwa masyarakat Indonesia sendiri adalah pasar yang sangat potensial bagi hotel-hotel tersebut.

Masyarakat Indonesia yang semakin dinamis dan juga kritis,sedang disuguhi dengan berbagai tawaran konsep hotel yang juga sangat dinamis. masyarakat saat ini berfikir serba praktis,simple dan effisien sehingga pengusaha pun dituntut untuk bisa menyuguhkan sesuatu yang sesuai dengan apa yang sedang terjadi dan menjadi keinginan masyarakat ( pasar ).

Kemudian bagaimana dengan trend bisnis hotel di Indonesia th 2010..??

Mengingat bahwa bisnis yang bisa berjalan dengan baik adalah bisnis yang selalu bisa mengikuti tuntutan pasar,maka demikian juga yang bisnis perhotelan ini. hotel-hotel yang mengusung konsep simple,praktis dan effisien lah yang akan banyak diminati oleh pasar. Anda pemilik atau pengelola hotel..??jika ya,ada baiknya anda mulai berfikir tentang konsep ini.

Posted in Articles | Tags: bisnis hotel, konsep bisnis hotel, konsep hotel, konsultan hotel, konsultan management hotel, konsultan pengelolaan hotel, management hotel, pemasaran hotel, pengelola hotel, trend bisnis hotel 2010
www.knhotels.com