Bisnis Hotel Tidaklah Mudah

interior kamar hotelDunia internet adalah dunia tanpa batas. Di internet siapa saja dapat menulis apa saja dan menjanjikan apa saja bagi siapa saja. Bagi anda para calon pemilik hotel yang saat ini sedang berencana memulai bisnis hotel, sebaiknya anda banyak membaca artikel-artikel yang kami sajikan dalam blog kami ini. Kami menulis artikel dari tahun 2010 sampai sekarang di tahun 2016 kami masih aktif menulis disamping pekerjaan utama kami sebagi konsultan bisnis hotel di Indonesia. Kami menulis banyak hal yang kami ketahui tentang seluk beluk usaha hotel dari nol, semua berdasarkan pengalaman-pengalaman kami selama ini.

Memulai Usaha Hotel Tidak Mudah!
Ya! Sebagai konsultan hotel baik konsultan pendamping untuk proyek pembangunan hotel maupun pengelolaan hotel yang terus konsisten dengan bidang yang kami geluti ini, kami banyak sekali bertemu dengan para calon pemilik hotel serta pihak-pihak yang terkait dengan pembangunan hotel seperti konsultan perencana, Pemda, kontraktor, konsultan pengawas, perbankan, investor, asuransi, supplier bahkan terkadang LSM. Bahwa pada umumnya terdapat banyak sekali lika-liku pada saat memulai bisnis hotel dan akan terasa berat bagi pemula, terlebih lagi jika dengan anggaran terbatas. Semua terkadang terlihat dan terkesan mudah jika dibayangkan dan dituangkan keatas kertas, namun menjadi tidak mudah pada saat diimplementasikan.

Mengapa kami menyampaikan hal ini?yang mungkin membuat anda calon pemilik hotel menjadi demotivasi setelah membaca judul artikel kami diatas? Jawaban kami adalah bahwa kami tidak ingin memberikan informasi yang keliru serta terkesan memberikan harapan-harapan semu yang dapat menjerumuskan siapa saja yang akan menggeluti bisnis ini. Berikut ini adalah informasi serta tips yang dapat kami share agar anda jangan salah langkah dalam memulai usaha hotel atau dalam memilih mitra kerjasama;
1. Membangun hotel membutuhkan komitment tinggi dari calon pemilik
2. Membangun hotel membutuhkan biaya besar
3. Bisnis hotel adalah bisnis dengan pengembalian investasi yang lama
4. Mencari investor hotel tidaklah mudah, terlebih lagi investor pribadi
5. Operator hotel bukanlah investor, mereka hanya mengelola dan tidak berinvestasi
6. Pada umumnya orang membangun hotel dengan dana sendiri atau perbankan
7. Perbankan hanya akan mendanai pembangunan hotel apabila calon pemilik memiliki sumber pendapatan lain selain hotel.
8. Jika anda berencan untuk mencari investor, sebaiknya sudah siap dengan gambar arsitektur hotel, IMB atau minimal izin prinsip, Studi Kelayakan serta Proposal atau Business Plan. Anda juga harus siap melalui proses yang panjang dan lama untuk bertemu dengan investor yang terkadang akan membuat anda patah semangat.
9. Sangat sulit untuk memulai usaha hotel jika hanya bermodalkan asset tanah saja, kecuali bekerjasama dengan pihak yang sudah saling kenal
10. Jika anda menggunakan dana dari investor atau perbankan, sebaiknya anda menggunakan jasa operator hotel yang sudah sangat berpengalaman, memiliki reputasi baik dan memiliki jaringan luas karena baik investor maupun perbankan menginginkan dananya dikelola secara professional dan aman meskipun itu belum merupakan sebuah jaminan.

Demikian sekilas yang dapat kami sampaikan, kami menghimbau agar anda calon pemilik usaha hotel untuk lebih banyak menggali informasi sebelum memutuskan untuk terjun ke bisnis ini. Bisnis hotel adalah bisnis besar sehingga membutuhkan perencanaan secara detail dan matang. Lakukanlah kajian Feasibility Study terlebih dahulu agar dapat menjadi barometer tingkat kemungkinan kesuksesan atau ketidaksuksesan rencana usaha hotel anda ini.

Terima kasih.

Salam,
Rohayadi
081213643814

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s