Mengakuisisi Sebuah Hotel

prospek bisnis hotel di Indonesia 2016

Berikut ini adalah tulisan pertama kami di tahun 2016 setelah selama 5 tahun kebelakang kami selalu menyajikan berbagai artikel tentang usaha hotel maupun pengelolaan hotel. Mudah-mudahan artikel-artikel kami tersebut bermanfaat bagi segenap masyarakat Indonesia.
Di penghujung tahun 2015, kami banyak menerima banyak permintaan dari beberapa investor hotel yang ingin membeli atau mengambil alih sebuah hotel yang sudah beroperasi untuk memberikan penilaian terhadap hotel yang akan dibeli tersebut. Penilaian yang kami lakukan adalah meliputi:
1. Nilai wajar dari asset hotel tersebut
2. Nilai bisnis dari hotel tersebut
3. Prospek usaha hotel tersebut dimasa yang akan datang
4. Legalitas usaha yang menyertai
Dalam melakukan penilaian, kami melakukan banyak kajian tentang berbagai aspek hotel tersebut baik ditinjau dari aspek lokasi, aspek pasar & persaingan usaha, aspek SDM, aspek manajemen, laporan keuangan, pajak-pajak, kontrak-kontrak dengan pihak lain, asuransi-asuransi, serta berbagai peluang maupun hambatan yang dapat mempengaruhi kesuksesan usaha hotel sehingga output laporan yang kami sampaikan sangat bermanfaat bagi para calon investor hotel sehingga mereka membeli hotel dengan nilai yang wajar serta investasi yang dilakukan tepat sasaran. Selain itu kami juga melakukan analisa tentang trend bisnis hotel dimasa yang akan datang sehingga dalam rekomendasi kami, kami menyampaikan apakah hotel yang akan dibeli tersebut  memiliki peluang untuk tetap diminati oleh konsumen atau harus dilakukan revitalisasi setelah diakuisisi.
Perlu diketahui bahwa ada beberapa alasan orang menjual hotelnya diantaranya:
1. Mencari keuntungan
2. Masalah keuangan
3. Adanya masalah internal seperti sengketa atar pemilik
Dari ketiga alasan diatas, pada umumnya alasan nomor 1 adalah yang paling dominan karena meskipun alasan yang sebenarnya adalah alasan nomor 2 atau nomor 3, namun tetap saja pemilik ingin menjual hotelnya secara untung dan bukan secara rugi.
Bagi anda calon pemilik hotel, kami sangat menyarankan agar jangan hanya menilai hotel tersebut dari segi asset saja seperti berapa harga tanah dan berapa harga bangunan beserta isinya karena pasti nilainya akan tinggi. Padahal yang lebih penting adalah nilai bisnis dari hotel tersebut karena tentu saja anda tidak menginginkan membeli hotel dengan nilai milyaran namun ternyata tidak menguntungkan bagi anda.
Sebagai konsultan bisnis hotel yang sudah berpengalaman sejak tahun 2010, kami memberikan jasa penilaian atas sebuah hotel yang sedang beroperasi dan akan dijual oleh pemiliknya. Kami melakukan penilaian secara independent dengan memegang teguh integritas kami untuk memberikan penilaian secara jujur dan wajar.

Salam,

Rohayadi
081213643814

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s