Meningkatkan “Competitive Values” Hotel Anda

cropped-knhotels.pngCompetitive Values atau nilai lebih yang dimiliki oleh suatu produk sehingga ia dapat bersaing dengan para kompetitor yang ada adalah hal yang harus terus digali dan ditingkatkan oleh para pengendali usaha seperti hotel. Tanpa adanya competitive values maka usaha hotel anda akan secara cepat ditinggalkan oleh para pelanggan yang semakin hari semakin kritis terhadap tuntutan pelayanan serta produk yang prima.

Selain semakin kritisnya para konsumen, tingkat persaingan usaha hotel juga semakin hari semakin ketat, sehingga dibutuhkan pengelolaan hotel yang lebih dari biasanya, lebih kreative dan inovative dalam memasarkan produk serta mempertahankan pelanggan.

Sudah banyak artikel tentang competitive values yang dapat dipelajari oleh para pelaku usaha, baik untuk bidang usaha jasa maupun non jasa yang sebenarnya nilai-nilai ini dapat digali dari apa yang menjadi tuntutan konsumen. Berikut ini kami akan memberikan sedikit tips bagaimana agar hotel anda menjadi lebih kompetitif sehingga hotel anda akan selalu ramai dikunjungi oleh tamu-tamu, baik untuk masa kini dan masa yang akan datang.

1. Mulailah dari Apa yang Terlihat ( Tangible Products )

Ungkapan dari mata turun ke hati adalah benar adanya, kadang kita masih menilai bahwa apa yang terlihat oleh mata bagus maka hati kita akan setuju dan menganggap sesuatu itu bagus. Tidak heran para public figur seperti artis dll akan berupaya semaksimal mungkin agar penampilan mereka didepan publik terlihat sempurna.

Apa yang terlihat oleh tamu di hotel anda? Tentu hal yang termudah dan termurah dilakukan adalah kebersihan., bukan hanya sekedar bersih karena jika hanya sekedar bersih maka hampir semua hotel akan melakukannya dan dapat melakukannya. Usahakannlah agar semua area hotel anda “sangat-sangat bersih” sehingga para tamu akan sangat terkesan dengan kesangat bersihan ini.

Perhatikannlah penampilan seluruh karyawan anda dari ujung rambut sampai ujung kaki. Jangan pernah mentolelir adanya karyawan yang    tidak berpenampilan rapih dan bersih, baik anggota tubuh maupun seragam yang dikenakannya, karena karyawan anda adalah refleksi dari hotel anda. Dan jangan juga pernah mentolelir karyawan yang tidak ramah, baik raut muka maupun sikap kepada semua tamu.,karena sikap tidak ramah menjadi salah satu sumber complain tamutentang pelayanan sebuah hotel. Keramahtamahan karyawan hotel adalah hal yang dapat dilihat dan dirasakan langsung oleh tamu dimanapun hotel itu berada.

2. Effisiensikan Pelayanan

Masyarakat modern sekarang ini semakin menuntut tentang pelayanan yang sangat cepat dan effisien. Dengan pelayanan yang cepat dan effisisen berarti kita menghargai waktu tamu. Perusahaan perusahaan besar baik jasa maupun non jasa saat ini semakin giat bagaimana agar para konsumen dapat dilayani secepat dan seefisien mungkin, namun akan sangat mengesankan bagi para konsumen apabila ada perusahaan (hotel) sedang atau kecil dapat memberikan ‘service guarantee’ misalkan check in less than 1 minute.:), food served less than 5 minutes dll.

3. Terus Berikan Pelatihan untuk Karyawan Anda

Memberikan training bukan hanya jika terjadi keluhan dari tamu atau akan adanya produk baru, namun lebih kepada meningkatkan kualitas karyawan hotel anda agar ” sangat menguasai produk knowledge” hotel sehinggga tidak ada karyawan anda yang ragu-ragu dalam menjawab pertanyaan tamu, karena keraguan menunjukan ketidakprofesionalan. Pelatihan karyawan memiliki dampak luar biasa bagi usaha hotel anda karena secara tidak kita sadari karyawan akan merasa diperhatikan dan bukan sekedar dipekerjakan.

4. Sajikan “Hanya Makanan Lezat” di Hotel Anda

Tinggalkanlah kebiasaan menyajikan makanan dengan rasa biasa saja bagi tamu anda, dan mulailah hanya menyajikan makanan yang membuat tamu anda ingin dan ingin lagi menikmati makanan di hotel anda. Ajaklah chef atau cook hotel anda makan di restoran di luar hotel yang terkenal nikmat dan mintalah ia untuk membuat menu masakan dengan rasa yang sama atau lebih nikmat lagi, dan pasti bisa!

5. Galilah ide Kreative dari Karyawan Anda.

Jangan pernah meremehkan karyawan dengan level terendah sekalipun, dan jangan menganggap karyawan dengan level jabatan tinggi akan memiliki ide brilian untuk kemajuan hotel anda. Hal yang perlu diingat adalah bahwa karyawan dengan level jabatan tinggi menggunakan banyak waktunya untuk berfikir sehingga pada suatu titik akan mengalami suatu kebuntuan atau overload, sedangkan karyawan level pelaksana menggunakan sebagian besar fisiknya untuk bekerja sehingga pada saat kita tanyakan tentang suatu ide atau gagasan mereka akan dapat berfikir secara lebih jenih, cemerlang dan jujur. Tidak ada salahnya anda coba, karena tetap saja keputusan apakah ide tersebut layak dilaksanakan atau tidak ada ditangan anda.

6. Bayarlah Agen PR

Jika hotel anda tidak memiliki PR sendiri, tidak ada salahnya anda menyewa agen PR yang dapat mengkonsep suatu kampanye untuk meningkatkan citra positive hotel anda di publik. Citra positive sangat penting karena akan membuat para konsumen semakin yakin dengan produk serta pelayanan hotel anda.

7. Lakukan Benchmark dengan Hotel Lain.

Jangan pernah menganggap bahwa hotel anda lebih baik dari hotel lain, karena anda tidak pernah tahu bahwa para pesaing anda sedang merencanakan strategi untuk menjadi yang terbaik. Lakukan survey berkala ke hotel-hotel lain baik yang ada disekitar hotel anda maupun di lokasi lain sehingga akan timbul ide-ide untuk menjadikan hotel anda lebih baik lagi.

Demikianlah artikel yang dapat kami share, semoga artikel singkat ini dapat bermanfaat bagi kemajuan hotel anda.

Salam Sukses!

Rohayadi Supriyatno/ Sr.Htl Consultant

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s