Merenovasi Hotel

Di akhir tahun 2012, Indonesia dinyatakan sebagai negara tujuan investasi bisnis perhotelan terbaik di Asia Pasifik diikuti oleh Thailand dan Maladewa. Tingginya angka kunjungan wisatawan, luasnya wilayah serta banyaknya jumlah  penduduk Indonesia dan didukung dengan situasi keamanan yang kondusif serta pertumbuhan ekonomi yang cukup tinggi membuat Indonesia sangat diminati oleh kalangan investor baik dalam negeri maupun luar negeri.

Melihat situasi yang sangat baik tersebut, sangatlah disayangkan jika terdapat banyak peluang bisnis perhotelan yang tidak ditangkap dengan baik oleh para pengusaha di dalam negeri, terlebih lagi oleh mereka yang saat ini sudah memiliki asset hotel namun hotel tersebut tidak terawat dengan baik sehingga kurang memiliki nilai jual dimata konsumen. Banyak sekali hotel-hotel tua di kota-kota di Indonesia yang semakin usang dimakan jaman dan kalah bersaing dengan hotel-hotel baru yang memiliki design arsitektur yang cukup baik dan menarik, padahal hotel-hotel tua ini pada umumnya memiliki lokasi yang cukup baik, dan memiliki nilai histori tinggi dan dapat dijadikan strong point. Dan salah satu usaha untuk menaikan nilai jual hotel tersebut adalah dengan melakukan renovasi tanpa menghilangkan gaya arsitektur yang sudah ada.

Di awal tahun 2013 ini, kami menangani beberapa proyek renovasi hotel tua di beberapa kota di Indonesia, dan salah satu proyek renovasi hotel yang kami sangat antusias menanganinya adalah renovasi sebuah hotel tua di sudut kota Yogyakarta dekat dengan Jl.Malioboro. Kami sangat optimis bahwa jika hotel ini selesai direnovasi akan memiliki daya tarik yang luar biasa karena memiliki arsitektur gaya Art Deco, yaitu arsitektur yang berkembang setelah perang dunia I dan berakhir sebelum perang dunia II.

Hotel yang saat ini memiliki 30 kamar tersebut nantinya akan direnovasi tanpa menghilangkan gaya arsitektur lamanya, namun akan diperkuat kesan gaya arsitektur tersebut sehingga akan terlihat sangat menarik dan menjadi salah satu icon menarik di kota Yogyakarta. Dengan membuang beberapa kamar di lantai dasar dan dialihfungsikan menjadi restoran, akan menjadikan hotel ini menjadi sangat nyaman untuk tempat tinggal para wisatawan. Berikut ini adalah tampilan hotel sebelum dan sesudah direnovasi:

Hotel sebelum dan sesudah renovasi

hotel di yogyakarta

kamar

hotel di malioboro yogyakartakamar hotelsudut kamar

restoran di hotel

restoran

Demikianlah salah satu pandangan kami tentang hotel tua yang sudah selayaknya ditingkatkan nilai jualnya melalui renovasi exterior dan interior agar hotel menjadi lebih menarik dan competitive dimata konsumen.

Dan apabila anda berencana merenovasi hotel atau membangun hotel dari awal dengan biaya ekonomis, silahkan konsultasikan rencana anda tersebut dengan team arsitektur kami, dan kami akan dengan senang hati membantu anda.

Terima kasih.

Rohayadi Supriyatno

Senior Hotel Consultant – 0812-1364-3814

One thought on “Merenovasi Hotel

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s