Kesalahan Umum Dalam Persiapan Pembukaan Hotel

Tahap persiapan pembukaan hotel atau hotel  pre opening phase adalah tahapan yang  paling kritis dalam pembukaan sebuah hotel secara sukses. Dalam banyak kasus, pemilik hotel umumnya adalah para pengusaha yang tidak mengerti tentang bisnis hotel maupun pengelolaan hotel. Mereka sangat membutuhkan bantuan para profesional di bidang pembukaan maupun pengelolaan hotel sehingga bisnis hotel management company tumbuh subur di negeri ini.

Bisnis hotel, seperti juga bisnis lain adalah bisnis yang membutuhkan perencanaan secara detail dan komprehensif. Kesalahan dalam perencanaan dapat mengakibatkan bisnis hotel yang dijalankan menjadi kurang kompetitif maupun tidak menarik dimata konsumen.

Kurangnya kontrol dari pemilik terhadap konsultan yang melakukan pembukaan hotel maupun pengelola hotel pada saat pre opening phase sebuah hotel menjadi salah satu penyebab kegagalan dalam  pembukaan hotel secara sukses. Berikut ini kesalahan umum yang terjadi pada saat pre opening phase sebuah hotel:

  1. Kurangnya fasilitas pre opening office yang dilengkapi dengan fasilitas seperti: Meja kursi, komputer, telepon, fax,mesin fotocopy, internet dll.
  2. Tidak adanya check list secara detail untuk pengelola hotel dan jajarannya mengenai apa yang harus dipersiapkan secara detail, memonitor perkembangan dari setiap progress pekerjaan serta komunikasi yang intens dengan pemilik.
  3. Kurang detailnya perencanaan Back of The House Budget. Back of the House Budget adalah segala perlengkapan kebutuhan operasional hotel di luar yang sudah dipersiapkan oleh team ingterior maupun kontraktor. Back of The House Budget meliputi peralatan housekeeping, F&B, Kitchen, IT, kebutuhan office dll.
  4. Kurang detailnya perencanaan Pre Opening Budget. Pre opening budget meliputi segala anggaran yang berhubungan dengan pre opening hotel seperti biaya perekrutan pegawai, biaya training, biaya persiapan pemasaran, gaji pegawai selama periode pre opening dll.
  5. Kesalahan dalam perencanaan time frame baik itu untuk masalah legalitas usaha, kesiapan perlengkapan, kesiapan SDM dll.
  6. Tidak terlaksananya hand over secara lengkap dan tertulis dari pihak kontraktor kepada pemilik hotel cq pengelola dari setiap detail pekerjaan kontraktor yang sudah terselesaikan.
  7. Dan yang terakhir, sangatlah penting jika karyawan yang di rekrut dari level General Manager, Head of Departement sampai rank of file atau level pelaksana sudah memiliki pengalaman pre opening hotel sebelumnya.

Apabila anda pengusaha hotel yang saat ini sedang melakukan persiapan pembukaan hotel anda dan membutuhkan asistensi kami untuk melakukan segala aktifitas yang berhubungan dengan persiapan pembukaan hotel, silahkan menghubungi kami di 0812-1364-3814 atau 0818-0877-3080. Kami akan dengan senang hati membantu anda.

One thought on “Kesalahan Umum Dalam Persiapan Pembukaan Hotel

  1. Yth KN Hotel management
    Apakah bisa kirim ke e-mail saya untuk semua artikel yg berhubungan dengan membangun hotel, dari cara untuk pribadi / dengan franchise…kalo dengan franchise…hotel apa saja yg ada franchisenya??
    Atas perhatian dan waktunya saya ucapkan terimakasih

    Regards
    Hadi kusuma Wijaya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s