Arsitek Hotel

Arsitek Hotel atau dalam bahasa inggrisnya adalah hotel architect  adalah seorang ahli di bidang ilmu arsitektur bangunan hotel atau ahli rancang bangun hotel.

Dalam penerapan profesi, arsitek berperan sebagai pendamping, atau wakil dari pemberi tugas (pemilik bangunan). Arsitek harus mengawasi agar pelaksanaan di lapangan/proyek sesuai dengan bestek dan perjanjian yang telah dibuat. Dalam proyek yang besar, arsitek berperan sebagai direksi, dan memiliki hak untuk mengontrol pekerjaan yang dilakukan kontraktor. Bilamana terjadi penyimpangan di lapangan, arsitek berhak menghentikan, memerintahkan perbaikan atau membongkar bagian yang tidak memenuhi persyaratan yang disepakati.

Seorang arsitek memiliki peran yang sangat vital dalam pembangunan sebuah proyek  seperti hotel. Dengan keahlian yang dimilikinya, ia dapat merencanakan suatu design hotel yang maksimal untuk ruang yang minimal.

Banyak pemilik hotel yang kadang mengabaikan menggunakan jasa arsitek dalam pembangunan hotelnya terutama untuk hotel sekala kecil. Padahal, penggunaan jasa arsitek dapat menghemat biaya untuk jangka panjang. Selain itu, hasil karya arsitek yang berupa blue print adalah salah satu syarat dalam pengajuan IMB hotel.

Pembuatan design baik struktur, mekanikal & electikal, plumbing, workflow dll sangat penting bagi pemilik hotel, terlebih lagi jika pembangunan hotel adalah menggunakan pembiayaan dari pihak perbankan maka, pembuatan Rencana Anggaran Biaya yang dibuat oleh arsitek atau konsultan perencana adalah mutlak diperlukan.

Dengan menggunakan jasa arsitek atau konsultan perencana, maka pemilik hotel atau calon pemilik hotel dapat mengetahui detail biaya yang dibutuhkannya untuk mulai pembangunan sebuah hotel yang diinginkannya.

Berikut ini adalah salah satu arsitek hotel yang dapat membantu anda dalam persiapan maupun perencanaan bagi hotel anda.

One thought on “Arsitek Hotel

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s