7 Langkah Effektif Mempromosikan Hotel Anda


www.knhotels.com

1. Papan Nama Hotel

Dalam ketentuan yang dikeluarkan oleh pemerintah tentang perizinan hotel, hotel harus memiliki papan nama hotel yang mempermudah publik untuk mengetahui keberadaan hotel di suatu lokasi atau wilayah. Papan nama dapat berupa papan reklame, billboard, neon sign atau yang lain. Papan nama hotel sangat mudah diingat oleh siapa saja yang secara kebetulan melewati hotel anda dan akan tertanam dalam memori pembacanya, yang kemungkinan akan menjadi promosi gratis bagi hotel tersebut dikarenakan sifat manusia yang senang bertukar informasi.

2. Brosur & Marketing Kits

Brosur atau marketing kits yang lain merupakan alat yang cukup ampuh untuk mendeskripsikan suatu hotel kepada calon konsumen. Bagi calon konsumen yang sangat sibuk untuk mendengarkan penjelasan dari seorang sales executive hotel, mereka akan lebih senang untuk mengambil brosur dan menyimpannya untuk referensi yang akan datang, baik bagi untuk kebutuhan dirinya, kerabatnya atau relasi bisnisnya. Brosur juga effektif untuk mereka yang introvert dan enggan berbincang-bincang dengan orang lain, karena hanya dengan brosur sudah dapat menjelaskannya.
Mendesain dan mencetak brosur harus diklakukan dengan hati-hati dan diusahakan sebaik mungkin karena beberapa lembar kertas ini dapat merefleksikan hotel secara menyeluruh, minimal calon konsumen yang membacanya akan membayangkan hal yang sama dengan yang disajikan pada brosur tersebut.

3. Website

Saat ini dunia Internet di Indonesia sudah semakin maju, dengan berbagai kemudahan yang ditawarkan, orang semakin cenderung untuk mencari informasi tentang apapun melalui internet. Hanya dengan satu dua kali klik saja, orang sudah mendapatkan apa yang ia cari.
Demikian juga dengan informasi tentang hotel, saat ini, terutama di kota-kota besar, dengan semakin kritisnya masyarakat Indonesia, mereka cenderung untuk mencari tahu lebih banyak tentang hotel berikut fasilitas, aksesibilitas dan harga memalui internet sebelum mereka memutuskan untuk melakukan reservasi. Mengingat biaya untuk membuat website hotel sudah semakin murah, sudah selayaknya bagi para pemilik dan pengelola hotel yang belum memiliki website untuk segera membuatnya. Website sangat effektif untuk menjangkau konsumen dari seluruh penjuru dunia.

4. Online Booking Engine

Selain memiliki website, bergabung dengan para penyedia online booking engine sangat baik uyntuk mempromosikan hotel anda. Bahwa dengan memiliki website maka property hotel anda dapat di akses secara online adalah benar adanya, namun dengan bergabungnya property hotel anda dengan online booking engine maka kesempatan property hotel anda untuk dilihat oleh calon konsumen semakin besar, hal ini mengingat para perusahaan penyedia online booking tersebut melakukan promosi melakui internet seperti dengan google dll. Bergabungnya hotel yang anda kelola dengan online booking engine akan membuat hotel anda semakin dikenal masyarakat luas.

5. Travel Agent

Bergabung dengan travel agent wholesaller adalah ide yang baik untuk mempromosikan hotel anda mengingat travel agent memiliki jaringan yang sangat luas baik domestik maupun international. Dengan menjalin kerjasama dengan travel agent, maka hotel anda akan mendapatkan kunjungan tamu-tamu yang tidak terduga sebelumnya yang mungkin sangat sulit terjangkau apabila kita tidak menjalin kerjasama ini.

6. Affiliasi

Affiliasi atau kerjasama dengan hotel lain adalah ide yang sangat baik untuk mendapatkan tamu-tamu baru serta mempertahankan tamu-tamu lama. Dengan program affiliasi, hotel-hotel yang tergabung dalam program ini akan saling mempromosikan dan melakukan pertukaran tamu. Hal ini sangat dimungkinkan terjadi karena tamu akan mendapatkan benefit lebih apabila mereka menginap di hotel yang tergabung dalam affiliasi tersebut. Hotel-hotel chain dapat lebih maju dibandingkan dengan hotel independent dikarenakan setiap operator chain hotel selalu melakukan program affiliasi ini.

7. Direct Sales

Yang terakhir dan terpenting, hotel harus melakukan kegiatan direct sales atau penjualan langsung kepada para calon konsumennya. Direct sales atau penjualan langsung sangat effektif untuk mendapatkan tamu-tamu group, atau event-event besar dari setiap segmen pasar. Dengan direct sales, konsumen dapat berinteraksi secara langsung dengan wakil dari hotel dan mendapatkan penjelasan-penjelasan yang dibutuhkan. Agar direct sales dapat berjalan dengan effektif, maka harus dilakukan pembagian segmen pasar sehingga pasar yang dituju semakin jelas dan biaya yang dikeluarkan untuk kegiatan tersebut akan lebih effisien.

Demikianlah 7 langkah effektif mempromosikan hotel anda, kami yakin bahwa masih banyak sekali pengelola hotel independen di Indonesia yang belum melakukan salah satu atau beberapa dari ketujuh langkah diatas. Semoga bermanfaat:)
www.knhotels.com

One thought on “7 Langkah Effektif Mempromosikan Hotel Anda

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s