Konsep Hotel Boutique


By KN HOTELS Management

Di sepanjang tahun 2008-2009,banyak sekali hotel-hotel baru di Indonesia yang mulai beroperasi. dari sekian banyak hotel-hotel tersebut, tidak sedikit yang mengusung konsep dan merek dagang dengan nama Boutique Hotel.

Pada tahun-tahun sebelumnya,jika kita mendengar kata boutiqe,pikiran kita langsung membayangkan sebuah toko pakaian kelas atas di lokasi pusat perbelanjaan yang elite dengan harga barang yang sangat mahal, dan memang demikian adanya bahwa kata boutique sebelumnya lebih banyak digunakan oleh toko pakaian yg exclusive atau toko barang antique.

Lalu apa itu Boutique Hotel?apakah ini berarti hotel boutique adalah hotel yang juga berfungsi sebagai toko pakaian atau barang antik yang sangat mahal?ternyata tidak demikian.

Bahwa yang dimaksud dengan hotel boutique adalah hotel yang memiliki design bangunan dan interior yang sangat unik,up to date dan bergaya modern life style  sehingga hotel boutiqe juga dinamakan Design Hotel atau Life Style Hotel.

Hotel Boutiqe harus memiliki suatu keunikan design bangunan dan interior yang sangat berbeda dengan bangunan hotel pada umumnya,dia juga harus didukung dengan konsep pelayanan yang sangat unik,serta kesepadanan dengan gaya hidup masyarakat dilokasi tempat hotel itu berdiri sehingga tidaklah mengherankan jika hotel boutique berlokasi dikawasan yang sangat elite di sebuah pusat kota besar seperti Jakarta.

Lalu siapakah pasar dari hotel boutique ini?apakah pasarnya memang ada atau pasarnya diciptakan oleh keberadaan hotel boutique itu sendiri?

Berbicara tentang pasar dari hotel boutique sama halnya dengan membicarakan mobil ferrari atau BMW atau Mercedez Benz dengan dua pintu.mobil-mobil tersebut di design dan diproduksi untuk pasar tertentu yang mana pasarnya ada tapi tidaklah banyak.begitu juga dengan hotel boutique,memiliki pasar tersendiri dari suatu masyarakat yang memiliki gaya hidup ultra modern  dan unik.

Lalu bagaimana dengan banyaknya hotel boutique yang bermunculan saat ini?apakah mereka benar-benar hotel boutique atau sekedar nama? memang ada dari hotel-hotel tersebut yang benar-benar hotel dengan konsep dan design boutique hotel,namun tidak sedikit pula yang hanya sekedar nama tanpa konsep dan design yang hotel boutique yang sesungguhnya.

Yang saat ini menjadi tantangan bagi para pengelola maupun pemilik dari hotel boutique adalah edukasi pasar tentang keberadaan hotel boutique itu sendiri serta benar-benar menerapkan konsep hotel boutique yang sesungguhnya baik dari design,pelayanan,serta kesepadanan dengan gaya hidup ultra modern masyarakat sekitar.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s